Berita

Monitoring Persediaan dan Harga Bahan Pokok Menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Selasa Legi, 12 Desember 2017 11:42 WIB 639

foto
Kabag Analisa Kebijakan Produktifitas DIY Dra. Deden Rohanawati dan Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Drs Supriyanto Widodo. MT sedang melakukan Press Release kegiatan TPID.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY bersama TPID Kabupaten Bantul melakukan monitoring persediaan dan harga bahan pokok menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 pada hari Selasa tanggal 12 Desember 2017 di Pasar Tradisional Bantul. Tim melakukan pemantauan ke lapak-lapak komoditas strategis seperti beras, bawang merah/putih, gula pasir, daging sapi dll.

Beberapa komoditas mengalami kenaikan harga tetapi tidak signifikan seperti telur ayam ras, kacang tanah, bawang merah, dan bawang putih. Adapula beberapa komoditas yang harganya relatif turun seperti beras IR2, cabai merah keriting, cabai rawit merah dan cabai merah besar.

Dari hasil monitoring ini disampaikan bahwa persediaan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru di Kabupaten aman terkendali.

Didalam kegiatan ini juga dilakukan pemeriksaan sampel beberapa bahan makanan oleh BPOM DIY, tercatat ada enam sampel yang mengandung bahan berbahaya antara lain mie kuning basah berformalin (asal Magelang), kerupuk singkong mentah/matang, dan patilo (asal Purworejo) yang mengandung bahan pewarna textil. BPOM menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati untuk memilih bahan makanan yang sehat dan tidak mengandung bahan berbahaya. (R.F)