Berita

WORKSHOP PENGELOLAAN KABUPATEN SEHAT KABUPATEN BANTUL TAHUN 2017

Rabu Pahing, 13 Desember 2017 14:46 WIB 558

foto
Pelaksanaan Workshop Pengelolaan Kabupaten Sehat dibuka oleh Asisten III mewakili Bupati Bantul yang dilaksanakan di Warug Ndeso Karang Tengah Imogiri Bantul.

BAPPEDA | Selasa, 13 Desember 2017 bertempat di Warung Ndeso Karang Tengah Imogiri Bantul dilaksanakan Workshop Pengelolaan Kabupaten Sehat di Kabupaten Bantul. Acara ini diselenggarakan dalam rangka mewujukan Kabupaten Bantul agar menjadi loksi hunian yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksanannya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan sarana dan produktifitas serta perekonomian masyarakat. Acara  Workshop dimulai dengan pembukaan oleh Bupati Bantul diwakili oleh Asisten III, Laporan Penyelenggaraan disampaikan oleh Kasubid Kesejahteraan Rakyat Bappeda Kabupaten Bantul. Pelaksanaan workshop dipandu oleh moderator Purwanto, S.Pd., M.Si.

Tujuan dari pelaksanaan workshop ini antara lainmeliputi, pertama untuk melakukan evaluasi bersama atas pengelolaan kabupaten sehat; kedua untuk mengidentifikasi kendala dan hambatan dalam pengelolaan kabupaten sehat; ketiga merumuskan strategi pola pembinaan kabupaten sehat yang efektif; dan terakhir terlaksananya sinkronisasi program/ kegiatan lintas sektor dalam mendukung tercapainya predikat Kabupaten Bantul sebagai Kabupaten Sehat.

Pemateri berasal dari Bappeda Kabupaten Bantul, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, dan Forkom Kabupaten Sehat yang terbagi dalam tiga sub tema meliputi Kebijakan Pembangunan Bidang Kesehatan di Kabupaten Bantul, Optimalisasi peran forkom Kabupaten Sehat di Kabupaten Bantul, serta Pola Pembinaan Kabupaten Sehat di Kabupaten Bantul (Kelembagaan, Strategi, dan Teknis Operasional Pembinaan)

Pelaksanaan Workshop Pengelolaan Kabupaten Sehat ini dihadiri oleh camat se-Kabupaten Bantul, 27 kepala puskesmas se-Kabupaten Bantul, 75 lurah desa se-Kabupaten Bantul, Perwakilan dari Forkom Kabupaten Bantul, serta Tim Pembina  dari OPD terkait Kabupaten Sehat di Kabupaten Bantul.

Di akhir acara disimpulkan beberapa langkah strategis yang harus dilakukan dalam upaya mendukung kabupaten sehat terutama perlunya daya dukung lintas sektor baik dari pemerintah kabupaten, kecamatan, desa, serta masyarakat. Masyarakat merupakan garda terdepan dalam mewujudkan kabupaten sehat. Masyarakat sebagai garda terdepan memiliki tugas yang besar terutama dalam menjamin keberlanjutan lingkungan yang sehat. Pemerintah kabupaten, kecamatan, serta desa wajib melakukan fasilitasi dalam tahap perencanaan serta pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan kabupaten sehat.

Berdasarkan pengalaman verifikasi tim pusat pada taun 2017 ini, diperkirakan pada tahun mendatang penilaian atas kabupaten sehat akan lebih berat lagi sehingga perlu adanya perhatian dan kesiapan lokasi tatanan serta pokja desa dalam menyiapkan lokasi sampel tatanan kabupaten sehat di lokasinya. Pada tahun 2018 akan dilakukan pembinaan dan pendampingan lokasi sampel tatanan kabupaten sehat. Verikfikasi tim pusat akan dilaksanakan pada tahun 2019. Capaian Swasti Saba Wistara bagi Kabupaten Bantul untuk ketiga kalinya pada tahun 2019 hanya dapat diwujudkan dengan kerjasama dan dukungan lintas sektor. Dukungan lintas sektor dimaksudkan adanya upaya kerjasama yang baik antara pemerintah, perguruan tinggi, pihak swasta, dan segenap warga masyarakat di  Kabupaten Bantul. (Pemsosbud, 2017-heru5578)