Berita

MUSRENBANG KECAMATAN BANTUL

Kamis Wage, 23 Februari 2017 14:11 WIB 2689

foto
Suasana Upacara Pembukaan Musrenbang di Kecamatan Bantul

Selasa, 21 Februari 2017 dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) tingkat kecamatan di Kecamatan Bantul untuk perencanaan tahun anggaran 2018. Acara tersebut dihadiri oleh 170 orang yang terdiri dari Muspida Kabupaten Bantul yang dipimpin Staf Ahli bidang SDM dan Kemasyarakatan, Muspika Kecamatan Bantul, perangkat desa di lingkungan se-Kecamatan Bantul, tokoh agama serta tokoh masyarakat se-Kecamatan Bantul.

Laporan penyelenggaraan musrenbang Kecamatan Bantul disampaikan oleh Deni Ngajis Hartono, SSTP. MPA. selaku sekretaris Camat Bantul yang menjelaskan proses pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Bantul. Dilanjutkan sambutan dan pembukaan oleh Camat Bantul Drs. Susanto, MPA. Di dalam sambutannya beliau menyampaikan pagu indikatif Kecamatan Bantul mencapai 5,7 M yang terdiri dari 15 usulan fisik dan 8 usulan non fisik. Sambutan selanjutnya dilakukan oleh Bupati Bantul oleh Susanto, SH., MM. selaku Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan. Beliau menyampaikan penekanan bahwa setiap pemangku kepentingan harus paham dan mengerti secara detail kondisi wilayah. Selain itu juga harus paham bahwa dalam proses perencanaan harus tertib administrasi, akuntabel dan tranparan, serta perencanaan yang disusun harus memasukkan kegiatan terkait mitigasi bencana.

Dalam acara tersebut Kepala Bappeda Ir. Fenty Yustidayati, MT. menyampaikan 11 program prioritas Kabupaten Bantul yang meliputi:

  1. Peningkatan Akses dan Mutu  Pendidikan
  2. Peningkatan Cakupan dan Kualitas Pelayanan Kesehatan
  3. Peningkatan Daya Saing Produk dan Investasi Daerah 
  4. Pemantapan Ketahanan Pangan
  5. Peningkatan Pemberdayaan Warga Miskin (termasuk Pengembangan PAS)
  6. Peningkatan Sarana Prasarana dan Pelayanan Infrastruktur (termasuk Sungai)
  7. Peningkatan Kualitas Permukiman
  8. Percepatan Pengembangan Kawasan Pesisir
  9. Mitigasi Bencana
  10. Pemantapan Stabilitas Keamanan dan Ketertiban
  11. Pemantapan Reformasi Birokrasi

Di dalam kesempatan yang sama Ir. Fenty Yustidayati, MT. juga menyampaikan tentang quick win 2018 yang menekankan pada:

  1. Bantul Bersih menuju Universal Acces 2019
    1. Bantul bersih sampah
    2. Bebas kawasan kumuh
    3. Pelayanan air bersih 100%
  2. Universal Coverage Pelayanan Kesehatan
  3. Bantul Smart City
  4. Percepatan Pembangunan Kawasan Pantai Selatan (Pansela)
  5. Pengembangan Produk Andalan Setempat (PAS)
  6. Bantul bebas anak putus sekolah sembilan tahun (wajar sembilan tahun)
  7. Pemantapan Reformasi Birokrasi
  8. Percepatan Pembangunan dan Pengembangan Sektor   Pengungkit       Perekonomian (Pariwisata, Pertanian, Perindustrian, Perdagangan, UKM)

Diakhir pemaparannya Kepala Bappeda menekankan setiap proses perencanaan baik usulan harus dapat disesuaikan dengan prioritas tersebut. Acara dilanjutkan oleh sidang kelompok yang dibagi atas pembangunan fisik dan non fisik. Di akhir acara di sampaikan juga bahwa akan dilakukan rangkuman hasil musrenbang paling lambat dua hari setelah pelaksanaan musrenbang kecamatan yang nantinya akan diteruskan ke Bappeda Kabupaten Bantul sebagai usulan perencanaan Kecamatan Bantul. (redmy)