Berita

FGD terkait Peranan kegiatan Litbang dalam mendukung Pembangunan di DIY

Rabu Pahing, 26 Juni 2019 14:19 WIB 74

foto
Peserta FGD BPTBA LIPI

Dalam mengambil sebuah keputusan dan kebijakan pembangunan di pemerintah daerah maupun di pemerintah pusat harus berdasarkan hasil riset pengetahuan dan data yang sudah teruji, hal ini mencerminkan keputusan dan kebijakan yang berkualitas.

Peran Litbang menjadi sangat penting dan merupakan bagian manajerial pembangunan di daerah. Hasil Penelitian sebagai masukan dalam penyiapan kebijakan, perlu mempertimbangkan :

1. Kualitas kebijakan dalam perencanaan pembangunan daerah dapat ditingkatkan, bila dilengkapi dengan masukan dan rekomendasi dari hasil penelitian dan pengembangan yang terfokus dan teliti .

2. Hasil penelitian dan pengembangan dapat memperkuat landasan proses pengembalian kebijakan strategis melalui penelitian, masukan dan rekomendasi dari hasil penelitian dan pengembangan empiris yang relevan dengan kebutuhan setempat.

3. Melalui kegiatan penelitian dan pengembangan pelaksanaan ekonomi daerah berikut kewenangannya yang ada dapat diwujudkan ke dalam suatu bentuk strategis dan arahan kebijakan yang mampu memicu kemampuan daerah dalam pembangunan secara mandiri.

kegiatan ini dilaksanakan di BPTBA LIPI Gunung Kidul (25/06) dan dihadiri oleh Ketua DRD DIY, Himpunan Peneliti Indonesia (HIMPENINDO), Bappeda se DIY, beserta instansi terkait.