Berita

kunjungan dari Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Nganjuk

Selasa Pon, 2 Juli 2019 11:08 WIB 172

foto
FKS Kabupaten Nganjuk

Kamis, 20 Juni 2019 pukul 13.00 WIB, BAPPEDA Kabupaten Bantul mendapat kunjungan  dari Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Nganjuk dalam rangka kunjungan kerja terkait Pengelolaan Program Kabupaten Sehat. Tim kunjungan berjumlah 15 orang yang dimpin oleh Bapak Eko Cahyono selaku Kepala Sub Bidang Pemberdayaan Kesejahteraan Masyarakat. Penerimaan kunjungan dipimpin oleh Ibu VC.Yuliastiningsih, SH selaku sekretaris BAPPEDA Kabupaten Bantul dan Bapak Deddy selaku Kepala Sub Bidang Kesejahteraan Rakyat, dalam penerimaan kunjungan ini turut mengundang pula anggota Forum Komunikasi Kabupaten Sehat Pemerintah Kabupaten Bantul seperti Bapak M. Daim Raharjo, Bapak Lasiyo Syaifudin, Bapak Turut, dan perwakilan dari beberapa OPD Kabupaten Bantul.

Prestasi yang diperoleh Kabuputen Bantul dalam rangka program kabupaten sehat yaitu mendapatkan penghargaan Swasti Sabha Padapa  pada tahun 2011, Swasti Sabha Wiwerda pada tahun 2013 dan 2015, serta mempertahankan Swasti Sabha Wistara pada tahun 2017, menjadi motif kunjungan FKS Kabupaten Nganjuk ke BAPPEDA Kabupaten Bantul. Antusias FKS Kabupaten Nganjuk terhadap pengelolaan program kabupaten sehat di Kabupaten Bantul sangat tinggi yang ditunjukkan dengan adanya diskusi aktif, mengunjungi sekretariat Tim Pembina Kabupaten Sehat Pemerintah Kabupaten Bantul, dan mengunjungi Dusun Ponggok, Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul sebagai lokasi tatanan ketahanan pangan dan gizi yang merupakan salah satu dari 8 tatanan Kabupaten Sehat Kabupaten Bantul tahun 2019.

Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Nganjuk pertama-tama memaparkan profil dan kondisi Kabupaten Nganjuk sekarang ini, selanjutnya menanyakan bagaimana pembinaan yang dilakukan oleh Tim Pembina Kabupaten Sehat Pemerintah Kabupaten Bantul sehingga Kabupaten Bantul, pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh inisiator program kabupaten sehat yaitu Bapak Turut. Beliau mengungkapkan , “untuk dapat mempertahankan prestasi kabupaten sehat, tim kabupaten sehat terus mencatat dusun atau desa yang menjuarai perlombaan-perlombaan apapun yang diadakan pemerintah, kemudian dusun atau desa tersebut dijadikan sampel untuk program kabupaten sehat, mengambil lokasi secara berkelompok, mendahulukan pemilihan tatanan yang paling susah, terus melakukan inovasi, dan penyusun laporan untuk program kabupaten sehat tetap dari tahun ke tahun agar memudahkan dalam penyusunan laporan”. Bapak Deddy menambahkan, “kunci dari kabupaten sehat yaitu terus mencari serta mendukung sosok-sosok inspirator seperti  Bapak Lasiyo Syaifudin, warga dari Dusun Ponggok yang dijuluki sebagai Professor Pisang yang telah mendunia berkat inovasi dalam pembibitan pohon pisang serta hasil olahan dari buah pisang dan menjadikan beliau sebagai pembina kabupaten sehat, serta yang tak kalah penting adalah komitmen tim pembina kabupaten sehat untuk terus memfasilitasi, mengupayakan, dan mendukung dusun ataupun desa yang mempunyai potensi”.

Kunjungan kerja dari Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Nganjuk memberikan wawasan dan keterbukaan pikiran bagi kedua belah pihak, baik pemerintah Kabupaten Kabupaten Nganjuk maupun pemerintah Kabupaten Bantul. Kunjungan diakhiri dengan sesi foto bersama, bertukar cinderamata, dan kunjungan ke Dusun Ponggok.