Berita

Studi Pendahuluan Potensi Pengembangan Wisata Air Laguna Sungai Opak

Senin Wage, 21 Oktober 2019 15:29 WIB 79

foto
Kajian Potensi Pengembangan Wisata Air Laguna Sungai Opak

Pada hari Senin, 21 Oktober 2019 telah diselenggarakan pertemuan membahas laporan pendahuluan kajian potensi pengembangan wisata air laguna sungai opak. Lokasi pengembangan wisata tersebut berada di Dusun Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek. Kajian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya potensi di Kabupaten Bantul yang bisa dijadikan tempat wisata yang belum tergarap secara optimal, salah satunya adanya laguna sungai opak. Kemudian pengembangan wisata air laguna ini merupakan upaya mendukung Provinsi DIY yang saat ini sedang menyongsong abad kebangkitan bahari “Among Tani Dagang Layar”

Dalam diskusi desain pengembangan wisata air laguna sungai opak oleh berbagai pihak yang terkait menghasilkan gagasan akan adanya unsur gubuk tradisional, food court, toko souvenir, panggung budaya, camping ground, warung apung di tengah laguna, home stay, lomba dayung, perahu hias dan perahu naga, sunset run, tri athlone serta penanaman mangrove.

Penerapan multi stakeholder/hexahelix sebagai pengelola wisata air laguna ini diharapkan mampu mengoptimalkan pembangunan dan pengelolaan wisata yang berkelanjutan. Oleh karena itu jika wisata air laguna ini dapat dikembangkan dan dikelola dengan baik, maka diharapkan dapat meningkatkan ekonomi, sosial, lingkungan dan pariwisata setempat.