Berita

Persyaratan dan Tata Tertib Ijin Penelitian

Selasa Legi, 20 September 2011 10:45 WIB 5933

Pengajuan permohonan ijin penelitian dan atau pengembangan, pengkajian,studi kelayakan, studi eksploratif, studi/survey pendahuluan, pengambilan data, survey, sensus, inventarisasi, kkn, dan pkl/ ppl yang berada di wilayah Kabupaten Bantul diatur dengan Keputusan Kepala Bappada No 070/2809 TAHUN 2011 tentang Prosedur Pelayanan Perizinan Survei, Penelitian, Pendataan, Pengembangan, Pengkajian, Studi Kelayakan, Praktek Lapangan, Dan Kuliah Kerja Nyata Di Kabupaten Bantul.

  1. Kegiatan tersebut diatas yang dilakukan perorangan /mahasiswa /kelompok /lembaga /instansi pemerintah maupun swasta dan berlokasi lintas kabupaten/kota di wilayah DIY HARUS MEMILIKI IZIN dari Gubernur. Sedangkan yang berlokasi di luar wilayah DIY HARUS MEMPEROLEH REKOMENDASI dari Gubernur.
  2. Permohonan ijin/rekomendasi kegiatan tersebut yang bobot sasaran dan ruang lingkupnya menyangkut materi pembangunan disampaikan kepada Gubernur melalui Biro Administrasi Pembangunan (AP) Sekretariat Daerah Provinsi DIY dengan dilampiri : Proposal/usulan kegiatan yang telah disahkan; Kuisioner/daftar pertanyaan; Lokasi/Wilayah sasaran kegiatan; Jangka waktu pelaksanaan kegiatan; dan Daftar nama peserta/pelaksana kegiatan.
  3. Permohonan ijin/rekomendasi kegiatan survey, penelitian, pendataan, pengembangan, pengkajian, dan studi lapangan yang diajukan oleh INSTANSI PEMERINTAH atau SWASTA dilampiri :Nama dan alamat lengkap instansi pemohon; Nama, jabatan/pekerjaan dan alamat penanggungjawab umum; Nama, jabatan/pekerjaan dan alamat tempat tinggal penanggung jawab pelaksana di lapangan; Nama/daftar nama, jabatan/pekerjaan dan alamat pelaksana di lapangan; Maksud dan tujuan kegiatan; Lokasi, jangka waktu pelaksanaan kegiatan dan jumlah responden disertai daftar pertanyaan/kuisioner.
  4. Permohonan izin/rekomendasi kegiatan tersebut di atas yang menyangkut pengamanan temasuk tenaga asing dan kegiatan bersifat pengerahan masa disampaikan kepada Gubernur melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Provinsi DIY, dilampiri dengan : Proposal kegiatan yang disahkan; Lokasi/wilayah pelaksanaan kegiatan; Jangka waktu pelaksanaan; Jumlah peserta kegiatan.
  5. Kegiatan tersebut di atas apabila berasal dari luar Provinsi DIY, selain persyaratan diatas juga ditambah dengan surat rekomendasi dari Pemerintah setempat/asal pemohon.
  6. Kegiatan tersebut di atas apabila akan dilakukan oleh Instansi Pemerintah dan Warga Negara Asing di Wilayah Prov. DIY harus mempunyai izin dari departemen atau istitusi terkait.
  7. Sedangkan apabila akan dilakukan oleh non pemerintah termasuk WNA, selain persyaratan diatas juga harus melampirkan : Fotokopi KTP/Paspor/KIPEMS; Surat Pengantar dari sponsor/lembaga; Akta notaris pendirian institusi/lembaga/kelompok.
  8. Surat pengantar/permohonan dari kampus dan Biro AP Prov. DIY ditujukan kepada :
    Yth. KEPALA BAPPEDA
    Kabupaten Bantul
    Jl. RW Monginsidi No. 1 Bantul 55711 DIY
  9. Permohonan perpanjangan izin lokasi harus diajukan selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari kerja sebelum izin lokasi habis masa berlakunya, persetujuan/pemberian perpanjangan izin lokasi sebagaimana nomor 2. Surat izin yang dikeluarkan sebanyak 1 (satu) lembar asli. Penggandaan (fotocopy), amplop disiapkan oleh pemohon. Pemohon berpakaian rapi dan sopan (DILARANG memakai kaos oblong/T.Shirt/Polo Shirt dan atau sandal). Izin akan dikeluarkan apabila telah memenuhi syarat.
  10. Pengajuan permohonan/perpanjangan izin dilayani :
    Senin – Kamis : Pukul 08.00 – 12.00 dan 13.00 – 14.00 WIB
    Jum’at : Pukul 08.30 – 11.30 dan 13.00 – 14.00 WIB

 

 

Download File
Keputusan Kepala Bappeda Tentang Ijin Penelitian
==Heru5578==Sumber:Bid.Dalitbang.Bappeda.Bantul==