Data/Dokumen


Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Kabupaten Bantul Tahun Anggran 2018 – Mei 2019

Senin Pahing, 5 Agustus 2019 15:40 WIB 12

Peraturan perundangan yang menjadi landasan penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) masih tetap sama, yaitu Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Masyarakat. Namun demikian, terdapat wacana bahwa nantinya seluruh laporan evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah, yang meliputi LKPJ, LPPD, dan Lakip, akan disatukan dan disusun secara online. Dengan demikian, LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2018 ini kemungkinan merupakan laporan terakhir yang disusun secara manual.

LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2018 Bupati Bantul ini dimaksudkan untuk memenuhi kewajiban sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundangan tersebut di atas.

Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban oleh Kepala Daerah kepada DPRD adalah salah satu wujud konkrit dari hubungan antar susunan pemerintahan. Dokumen Laporan Keterangan Pertanggungjawaban ini merupakan laporan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan daerah, dan pemberdayaan masyarakat untuk tahun ketiga RPJMD Tahun 2016-2021. Tema pembangunan Kabupaten Bantul tahun 2018 adalah “meningkatkan kualitas pembangunan yang lebih berkeadilan melalui pengembangan sumber daya manusia, pemerataan ekonomi dan perbaikan layanan publik, menuju Bantul sehat, cerdas, sejahtera”. Tema pembangunan ini sekaligus juga sebagai tema LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2018.

Unduh berkas: LKPJ 2018_2ugj.pdf